Kelenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik Muntok Bangka Barat


Klenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik Muntok Bangka Barat - Kota Muntok adalah nama ibukota Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kota Muntok adalah kota bersejarah karena pertama kali perahu Belanda berlabuh di Pulau Bangka. Sebagai daerah yang masih dalam rumpun melayu yang mayoritas penduduknya keturunan melayu di penduduk Kota Muntok juga mayoritas masyarakat tionghoa. hal ini terbukti dengan adanya Klenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik Muntok Bangka Barat . Kelenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik adalah salah satu cermin betapa rukunnya kehidupan beragama di Pulau Bangka. Dua rumah ibadah yang berdiri berdampingan ini mengukuhkan betapa kehidupan masyarakat di sini sangat saling menghargai tanpa membedakan suku, ras dan agama.

 Klenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik Muntok Bangka Barat  Klenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik Muntok Bangka Barat

 Klenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik Muntok Bangka Barat


Di lihat dari sejarah berdirinya, Klenteng Kung Fuk Min di bangun lebih dulu di banding Masjid Jamik, Klenteng Kung Fuk Min di bangun tahun 1820 di bangun oleh masyarakat tionghoa dari suku  Kuantang dan Fu kien pada masa kepemimpinan Mayor A Tiom, sedangkan Masjid Jamik muntok di bangun oleh masyarakat pribumi pada pada masa kepemimpinan Mayor Chung A Thiam pada tahun 1883.

 Klenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik Muntok Bangka Barat

 Klenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik Muntok Bangka Barat

 Klenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik Muntok Bangka Barat


Di lihat dari sejarah Kota Muntok itu sendiri di mana di kota ini sejak dahulu telah berdiri pelabuhan terbesar yang merupakan jalur pintu masuknya ke Pulau Bangka, tak heran bila di kota ini sebagai awal berdomisilinya masyarakat tionghoa dan titik awal penyebaran agama islam melalui jalur perdagangan sehingga tak heran Klenteng Kung Fuk Min dan Masjid Jamik ini merupakan salah satu kelenteng dan masjid tertua di pulau Bangka.

Share this

Related Posts

First