Kabupaten Bangka Promosikan Wisata Melalui Sungailiat Triathlon 2016


Kabupaten Bangka Promosikan Wisata Melalui Sungailiat Triathlon 2016 : Wisata olahraga atau sport tourism diyakini bisa jadi ajang promosi Indonesia kepada para wisatawan nusantara maupun mancanegara. Pasalnya, beberapa acara wisata olahraga di Indonesia telah banyak diselenggarakan di berbagai daerah untuk mempromosikan daerah. Dampaknya tidak hanya pada kegiatannya saja, tapi pada destinasi wisata yang ada yang akan lebih terkenal. Tahun 2016 ini Kabupaten Bangka kembali mengelar ajang Sungailiat Triathlon 2016 dengan rute mengitari pusat kota dan objek wisata unggulan di Kabupaten Bangka seperti Pantai Tanjung Pesona, Pantai Teluk Uber, Pantai Rambak, city tour, Jalan Lintas Timur, Argowisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Anyir, Pantai Temberan dan Vihara Tri Agung Pantai Tikus.

Kabupaten Bangka Promosikan Wisata Melalui Sungailiat Triathlon 2016

Sungailiat Triathlon 2016 membuka kategori jarak 70.3 , untuk kategori ini Sungailiat Triathlon 2016 salah satu dari dua daerah di Indonesia yang menyelenggarakan kategori serupa yakni long distance (1,9 km swim, 90 km bike, 21,1 km run), standart dan standart relay (1,5 km swim, 40 km bike, 10 km run) dan sprint (750 m swim, 20 km bike, 5 km run). Untuk tahun ini jumlah peserta meningkat di banding tahun lalu, sebanyak 420 atlet dari 19 negara dipastikan ikut dalam kegiatan olahraga berkonsep Sport Tourism Sungailiat Triathlon 2016.

Sungailiat Triathlon 2016 promosi wisata bangka belitung

Untuk memeriahkan even ini digelar pertunjukan kesenian daerah seperti bazar, festival kuliner khas Bangka dan press tour. Kemasan acara kuliner yang tak kalah  menarik dan unik yaitu acara makan siang khas tradisional Bangka yaitu " nganggung". Sebanyak 500 tudung saji disediakan panitia dalam jamuan makan siang yang tidak hanya dinikmati peserta lomba, tetapi juga bagi tamu undangan serta para penonton. “Nganggung” atau menyantap makanan secara bersama-sama dengan hidangan yang dibagi dalam banyak tudung saji ini melambangkan semangat kebersamaan , tidak ada yang kaya dan yang miskin semua bersama-sama bersila dan menikmati hidangan bersama-sama.

Kabupaten Bangka Promosikan Wisata Melalui Sungailiat Triathlon 2016


Kegiatan Sungailiat Triathlon terbukti bisa membangun kebanggaan dan kepercayaan diri masyarakat terhadap daerahnya. Warga yang berada di sekitar rute kegiatan bangga daerahnya dikenal publik global, hal ini terlihat dengan banyaknya warga Sungailiat yang menyaksikan acara ini di sepanjang jalan yang di lintasi peserta Triathlon. Dengan demikian, wisata olahraga terbukti dapat menjadi sarana konsolidasi sosial untuk mendesain pembangunan pariwisata berbasis partisipasi, bukan mobilisasi. Jika ditarik lebih jauh lagi, itu akan menjadi modal sosial yang sangat berharga untuk membangun pariwisata di Kabupaten Bangka.

Sungailiat Triathlon 2016 promosi wisata bangka belitung

Untuk menggenjot pariwisata di Kabupaten Bangka, Kegiatan Sungailiat Triathlon di harapkan mampu semakin melambungkan destinasi wisata di Kabupaten Bangka menjadi destinasi wisata unggulan. Selain itu di harapkan Ekonomi kreatif masyarakat bergerak, Industri kerajinan lokal, kuliner, hingga jasa penunjang pariwisata seperti transportasi dan hotel / penginapan dapat tumbuh bersamaan Dengan berbagai dampak positif tersebut, Kegiatan Sungailiat Triathlon perlu dioptimalkan. Mengingat, negeri ini punya potensi luar biasa untuk memadukan konsep wisata dan olahraga yang bisa menghasilkan banyak dampak positif untuk kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »