Museum Timah Indonesia Bangka Belitung


Museum Timah Indonesia Bangka Belitung yang terletak di Kota Madya Pangkal Pinang Propinsi Bangka Belitung ini adalah musium timah pertama di indonesia bahkan di asia. Dahulu sebelum di resmikannya museum timah di kota Muntok Bangka Barat, Musium timah di Kota Madya Pangkal Pinang ini adalah musium timah satu - satunya di Indonesia bahkan di asia. Selain sebagi pusat informasi sejarah pertimahan di bangka Belitung, Musium timah Indonesia ini juga menyimpan perjalanan sejarah bangka indonesia. Pada tanggal 7 Mei 1949 Musium ini pernah digunakan sebagai tempat diadakannya Perjanjian Roem-Royen yaitu sebuah perjanjian antara Indonesia dan Belanda . 

Museum Timah Indonesia Bangka Belitung

Museum Timah Indonesia Bangka Belitung


Pada waktu itu delegasi Indonesia diwakili oleh Mr. Moh. Roem sedangkan delegasi Belanda diwakili oleh H.J. Van Royen. Hasil perjanjian tersebut hingga kini masih tersimpan dengan rapi di museum ini sebagai bukti perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Selain itu, nilai sejarah gedung Musium Timah Bangka Belitung ini sangat tinggi karena di gedung ini juga pernah di jadikan tempat menginap Presiden Sukarno dan Bung Hatta pada masa penjajahan belanda.

Museum Timah Indonesia Bangka Belitung

Museum Timah Indonesia Bangka Belitung


Di karenakan musium ini menyimpan banyak sejarah baik sejarah timah maupun sejarah perjalanan bangsa Indonesia, maka musium ini menjadi salah satu tujuan wisata sejarah yang cukup menarik bagi wisatawan. Museum Timah Indonesia ini menempati bekas rumah dinas Hoofdt Administrateur , kemudian setelah kemerdekaan di manfaatkan oleh PT. Timah ( pada saat itu masih bernama UPTB - Unit Penambangan Timah Bangka ) sebagai tempat tinggal para karyawan Banka Tin Winning (BTW). Museum ini didirikan pada tahun 1958 dengan dasar kerena ketika saat itu dalam kegiatan penambangan banyak ditemukan benda-benda tradisional yang digunakan oleh penambang jaman dahulu utamanya zaman Belanda. Agar sejarah pertimahan di Bangka Belitung tidak hilang maka di dirikanlah musium timah indonesia ini dengan tujuan mencatat sejarah perjalanan pertimahan di Bangka Belitung . 

Museum Timah Indonesia Bangka Belitung

Museum Timah Indonesia Bangka Belitung


Musium yang  terletak di jalan Ahmad Yani (dulu jalan Damai) no 179 Kota Madya Pangkal Pinang ini baru resmi diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 2 Agustus 1997. Selain sebagai pusat sejarah pertimahan di Bangka Belitung, musium ini juga berisikan perkembangan teknologi pertambangan sejak zaman Belanda hingga sekarang. Bila anda ingin wisata ke bangka belitung jangan lewatkan untuk mengunjung musium timah indonseia ini, Musium ini buka setiap hari ( kecuali hari jumat ) dari pukul 08.000 sampai pukul 17.00 wib

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »